Menu
  • Layanan Kami
  • Donasi Bencana
  • EFAST
  • Galeri
  • Tentang
  • Edukasi

Emergency Fair and Festival (E-FAST)

Emergency Fair and Festival (E-FAST) adalah program kerja TBM BEM IKM FKUI yang dilakukan setiap tahunnya dan dijadikan bentuk pengabdian TBM BEM IKM FKUI kepada masyarakat. Pada tahun 2020, E-FAST telah  masuk dalam tahun ke-14-nya dan mengambil tema kegawatdaruratan pernapasan, sesuai dengan survey minat masyarakat dan kondisi yang sedang marak dibincangkan akhir-akhir ini. Acara E-FAST 2020 terdiri dari berbagai rangkaian acara termasuk praacara berbentuk lomba dan talkshow, campaign online, HEART (Health Aid Response Team) untuk siswa SMA, dan Acara puncak E-FAST yaitu seminar dan workshop. Kegiatan-kegiatan tersebut seluruhnya berlangsung secara online

Talkshow

Talkshow yang dilaksanakan pada tanggal 27 September 2020 melalui platform live instagram menghadirkan pembicara dokter spesialis paru dari FKUI, yaitu dr. Gatut Priyonugroho, Sp.P. Talkshow dengan judul “Kenali Asma Lebih Dekat, Cegah dan Atasi dengan Tepat” membahas terkait definisi, penyebab, dan cara penanganan asma, serta membahas hubungan asma dengan COVID-19. Talkshowdimoderatori oleh Ekida Rehan Firmansyah dari FKUI 2017. Antusiasme peserta talkshowsangat tinggi. Banyak peserta yang aktif bertanya selama berjalannya talkshow.Jumlah viewers talkshow tertinggi yang meonton secara bersamaan sebanyak 159 orang. Semoga dengan diadakannya talkshow ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait asma.

Campaign

Instagram campaign E-FAST 2020

Campaign E-FAST 2020 bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai masalah pernapasan yang sering ditemui di kehidupan sehari-hari melalui video IGTV di Instagram. Campaign 1 dilaksanakan pada 31 Juli 2020 yang bertema Batuk dan Pilek, campaign ini dinuansai dengan games berupa true or false yang disalurkan melalui media Instagram pada tanggal 27 Juli 2020. Selanjutnya Campaign 2 dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2020 yang bertema Epistaksis (mimisan), campaign ini juga dinuansai dengan games berupa filter Instagram. Campaign 3 dilaksanakan pada tanggal 12 September 2020 yang bertema Kesehatan Pernapasan, campaign ini juga dinuansai dengan games berupa filter Instagram. Pada akhir dari setiap video Campaign, dilampirkan sebuah link untuk kuis berhadiah.

Lomba poster publik

Lomba poster publik merupakan salah satu rangkaian praacara E-FAST TBM FKUI 2020. Lomba yang bertemakan “Penyakit Pernapasan” ini diselenggarakan 25 Juli – 29 Agustus 2020. Jumlah peserta lomba yang mendaftar sebanyak 44 peserta dari beragam universitas di seluruh Indonesia.

Acara puncak

Acara puncak E-FAST dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2020 melalui platform Zoom. Pertama, E-FAST 2020 menghadirkan dr. Riyadh Firdaus, Sp.An(KNA) untuk membawakan materi "Teknik Bantuan Hidup Dasar dan Pertolongan Pertama pada Orang Tersedak oleh Awam". Setelah itu, E-FAST dihadiri pula oleh dr. Eric Daniel Tenda, Sp.PD yang memberi materi berjudul "Kenali Sesak Napas dan Penanganannya Bagi Orang Awam". E-FAST juga mengadakan workshop online di mana peserta dapat mencoba mempraktikkan teknik Bantuan Hidup Dasar yang difasilitatori oleh anggota dan alumni Tim Bantuan Medis. Acara ditutup dengan pengumuman lomba Poster Publik dan IG Challenge yang diadakan sebelum hari H. Peserta antusias dan banyak bertanya selama pelaksanaan acara.

Health Aid Response Team (HEART)

HEART (Health Aid Response Team) merupakan bentuk pengembangan dari Teenage First Responder Community (TFRC) yang telah diadakan pada E-FASTtahun-tahun sebelumnya. Target dari acara ini adalah siswa-siswi dari SMA di kawasan Jakarta dan Depok. Dalam acara ini, TBM BEM IKM FKUI akan melakukan kunjungan ke SMA dan melakukan promosi acara E-FAST dan memberikan pelatihan bantuan hidup dasar. Pelaksanaan program ini akan tentatif menyesuaikan availabilitas waktu dari SMA yang bersedia untuk bekerjasama.